Review Lengkap Smartphone Oppo F1s

Oppo Smartphone akhirnya meresmikan smartphone Oppo F1s di Indonesia sebagai smartphone selfie expert berikutnya setelah Oppo F1 Plus. Namun banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa saja perbedaan spesifikasi Oppo F1s dengan Oppo F1 Plus? Apakah kita yang sudah memiliki Oppo F1 Plus harus mengganti ponsel kita dengan Oppo F1s, atau tetap bertahan dengan Oppo F1 Plus?
Berikut review lengkap Oppo F1s serta perbedaan spesifikasi antara Oppo F1s vs Oppo F1 Plus.


Kamera Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s dibekali dengan dua buah kamera, satu di belakang dan satu di depan. Mengingat ponsel ini adalah kamera selfie, kamera depan Oppo F1s memang lebih kuat dari pada kamera belakang. Kamera depan Oppo F1s beresolusi 16MP dengan bukaan f/2.0, sedangkan kamera belakangnya beresolusi 13MP bukaan f/2.2 dibekali fitur PDAF dan didampingi lampu flash LED.
Oppo F1 Plus pun dibekali kamera serupa, yaitu 16MP kamera depan yang juga dengan bukaan f/2.0 dan 13MP kamera belakang. Kamera utamanya dibekali pula dengan fitur PDAF dan lampu flash LED.

Desain Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Dari segi desain, Oppo F1s memiliki tinggi 154.5 mm, lebar 76mm, dan tebal 7,38mm. Bobotnya 160 gram.
Sementara itu Oppo F1 Plus bodinya memiliki tinggi 151,8mm, lebar 74,3mm, dan tebal 6,6mm dengan bobot 145 gram.
Dari perbedaan diatas jelas kalau bodi Oppo F1s lebih bongsor ketimbang Oppo F1 Plus, begitu pula bobotnya yang lebih berat Oppo F1s dari pada Oppo F1 Plus.

Dapur Pacu Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s dibekali chipset 640bit MediaTek MT6750 berprosesor octa-core Cortex-A53 dengan clock speed 1.5GHz. GPU mengandalkan Mali-T860MP2.
Sementara itu Oppo F1 Plus dapur pacunya mengandalkan MediaTek MT6750 alias Helio P10 berprosesor octa-core Cortex-A53 dengan clock speed 2.0GHz dan GPU Mali T860.
Dari detail diatas sudah jelas meski dapur pacunya sebelas dua belas, namun Oppo F1 Plus jelas menang kencang dengan clock yang lebih cepat.

Memori Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s menyediakan memori internal 32GB yang bisa diperluas hingga 128GB melalui micrcoSD. Tersedia pula RAM 3GB untuk mendukung kinerja.
Sementara itu Oppo F1 Plus dibekali memori internal 64GB yang juga bisa diperluas hingga 128GB dengan RAM 4GB.
Jelas dari dua spesifikasi diatas, Oppo F1 Plus lebih unggul bukan? ROM Oppo F1 Plus dua kali lebih lapang, sedangkan besaran RAM 1GB lebih besar.


Perangkat Lunak Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s menggunakan perangkat lunak Color OS 3.0 berbasis Android 5.1 Lollipop. Begitu pula dengan Oppo F1 Plus yang menggunakan perangkat lunak serupa.

Layar Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s disematkan layar IPS TFT seluas 5,5 inci dengan resolusi HD (1280 x 720 piksel), yang kedalaman warnanya 16 juta warna. Layarnya ini dilapisi Gorilla Glass 4.
Sementara Oppo F1 Plus dibekali layar AMOLED beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) berkedalaman 16 juta warna pada bidang panel seluas 5,5 inci. Juga dilapisi Gorilla Glass 4.
Disini Oppo F1 Plus juga unggul, meski sama-sama membawa layar 5,5 inci berlapis Gorilla Glass 4, namun Oppo F1 Plus lebih tajam dengan resolusi Full HD dan sudah menggunakan layar OLED.

Baterai Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s dibekali baterai yang tidak bisa dilepas berkapasitas 3.075mAh, sedangkan saudaranya Oppo F1 Plus juga membawa baterai yang tidak bisa dilepas berkapasitas 2.850mAh.
Kali ini, Oppo F1s memang lebih unggul dengan baterai yang kapasitasnya lebih lega, sementara pengguna Oppo F1s harus pintar-pintar menggunakan aplikasi agar tidak boros baterai.
Meski begitu, Oppo F1 Plus sudah dibekali fitur pengisian cepat VOOC, sementara Oppo F1s tampaknya tidak dibekali kemampuan serupa sehingga waktu pengisian baterai bakal berlangsung lebih lama dari pada Oppo F1 Plus.


Konektivitas Oppo F1s vs Oppo F1 Plus

Oppo F1s bekerja di jaringan 4G, dan sudah mendukung GPS dengan Bluetooth 4.0. USB-nya juga sudah mendukung OTG. Namun disini bisa dibilang Oppo F1s lebih unggul karena menawarkan triple-slot tray, dengan dual SIM dan individual SD slot. Itu artinya kita bisa menggunakan dual-SIM namun di saat yang sama juga bisa menggunakan microSD bersamaan.
Bandingkan dengan Oppo F1 Plus yang mengusung slot SIM hybrid, dimana slot salah satu SIM berfungsi ganda sebagai slot microSD. Jadi jika ingin menggunakan microSD, kita harus berkorban untuk hanya menggunakan satu SIM saja. Begitu pula sebaliknya jika ingin menggunakan dual-SIM maka kita tidak bisa menggunakan microSD.

Itulah perbedaan spesifikasi Oppo F1s vs Oppo F1 Plus. Jadi Kesimpulanya yaitu pemegang Oppo F1 Plus sama sekali tidak perlu mengganti ponsel ke Oppo F1s, karena itu sama saja dengan downgrade (kecuali anda memang butuh uang). Meski begitu, memang  harus diakui ada beberapa fitur yang membuat Oppo F1s lebih unggul dibandingkan Oppo F1 Plus, karena beberapa fitur Oppo F1s tidak dimiliki Oppo F1 Plus.

Berikut adalah video review smartphone Oppo F1s

 

0 komentar