Cara Menghapus Virus di Hp Android Tanpa Antivirus

Pengguna hp Android seperti kita ketahui saat ini semakin banyak dan terus bertambah. Pesatnya pertumbuhan pengguna hp Android tersebut tentu saja tidak terlepas dari peran vendor-vendor ponsel ternama maupun vendor-vendor baru yang bermunculan dimana mereka kebanyakan menggunakan OS Android pada ponsel-ponsel yang diproduksinya. Banyaknya pengguna Android tersebut secara tidak langsung juga menjadikan OS tersebut menjadi salah satu yang rentan dengan serangan virus atau malware.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 7 Terbaru 2016

Dukungan kemudahan dalam membuat aplikasi serta kurang ketatnya persyaratan dan seleksi aplikasi di Playstore juga menjadi salah satu hal yang membuat Android menjadi salah satu sasaran empuk bagi orang-orang yang kurang bertanggun jawab. Tentu tidak menyenangkan jika ponsel kita terkena virus karena cepat atau lambat akan menyebabkan ponsel kita menjadi bermasalah seperti misal menjadi lambat atau lemot ketika digunakan, tidak bisa menjalankan aplikasi dan lain sebagainya.
Menghapus Virus Android
Menghapus Virus Android
Menggunakan salah satu aplikasi antivirus Android yang tersedia di Playstore mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk menghapus virus di hp Android. Namun bagaimana jadinya jika ternyata kita salah memilih aplikasi antivirus yang ternyata pada aplikasi tersebut justru tersemat virus juga? Bukannya menyelesaikan masalah tapi malah menambah tentunya. Jadi untuk memasang aplikasi antivirus pastikan anda memilih dari pengembang yang terpercaya.

Pertanyaan selanjutnya mungkin adalah apakan ada cara menghapus virus di hp Android tanpa antivirus? Jawabannya adalah ada yang mana salah satunya adalah dengan melakukan hard reset pada ponsel android yang terkena virus tersebut. Namun menggunakan cara ini resikonya adalah anda harus kehilangan data dan juga aplikasi yang telah anda pasang sebelumnya di memori telepon anda. Cara lainnya anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Menghapus Virus di Hp Android Tanpa Antivirus

1. Masuk ke Safe Mode
Dengan masuk ke mode ini maka memungkinkan pengguna untuk menjalankan Androidnya dengan lebih ringan karena saat itu hanya aplikasi utama bawaan ponsel yang dijalankan. Anda tidak akan menemukan aplikasi-aplikasi yang pernah anda pasang ketika beroperasi pada mode ini, namun tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut hanya dihilangkan sementara ketika anda berada pada mode Safe Mode tersebut.
Safe Mode Android
Safe Mode Android
Untuk masuk ke Safe Mode caranya bisa berbeda-beda untuk setiap perangkat android, namun kebanyakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol home dan power pada saat proses booting. Jika masih belum mengerti anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai cara masuk Safe Mode android tersebut melalui mesin pencarian google.

2. Cek Aplikasi di Safe Mode
Android Settings Menu
Android Settings Menu
Selanjutnya masih dalam keadaan Safe Mode lakukan pengecekan aplikasi yang terpasang. Caranya dengan masuk ke menu setting/pengaturan lalu pilih menu Apps dan masuk pada tab Downloaded. Sistem tidak akan menampilkan aplikasi pihak ketiga yang telah anda pasang sebelumnya pada kondisi safe mode tersebut, namun karena virus termasuk dalam sistem maka akan terlihat seperti aplikasi pihak ketiga yang terpasang pada perangkat android anda. Jika ada aplikasi asing yang tampil pada menu Apps tersebut dimana anda tidak pernah merasa melakukan instalasi aplikasi tersebut, maka kemungkinan besar memang Android anda telah terinfeksi virus.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan
Uninstall Apps in Safe Mode Android
Unsintall Android Apps
Kemudian silakan lakukan penghapusan pada aplikasi asing yang anda temukan tersebut caranya dengan klik pada aplikasi yang akan dihapus tersebut lalu pilih menu uninstall auta copot pemasangan. Anda mungkin juga akan dihadapkan pada kasus dimana aplikasi yang ingin anda hapus tersebut tidak bisa anda uninstall karena aplikasi tersebut telah memiliki hak akses administrator.

4. Hapus Hak Administrator Pada Aplikasi Asing
Langkah selanjutnya yang mesti anda lakukan jika dihadapkan pada kondisi dimana ada aplikasi asing telah memberikan hak administrator pada dirinya sendiri adalah dengan menghapus akses administrator tersebut. Untuk melakukannya silakan keluar dari menu Aplication Settings terlebih dahulu kemudian masuk ke menut Setting - Security - Device Administrator.
Device Adminstrator Android
Device Adminstrator Android
Hilangkan hak administrator pada aplikasi asing yang anda curigai sebagai virus dan ingin anda hapus tersebut. Kemudian lanjutkan dengan kembali masuk ke menu Aplication Settings dan periksa aplikasi yang mencurigakan tersebut. Seharusnya saat ini anda telah bisa menghapus aplikasi asing tersebut.

5. Keluar Dari Safe Mode
Jika semua langkah diatas telah anda lakukan dan telah berhasil menghapus aplikasi-aplikasi asing yang anda curigai sebagai virus selanjutnya silakan keluar dari safe mode, caranya dengan melakukan restart pada perangkat android anda.


Nah itulah tadi salah satu cara menghapus virus di hp Android tanpa antivirus yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan virus pada perangkat Android anda. Jika anda kesulitan mengikuti panduan diatas ada baiknya anda meminta bantuan kepada teman anda yang lebih mengerti ataupun dengan membawa ponsel anda ke service center, atau seperti telah sedikit disinggung sebelumnya anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk Android yang tersedia di Playstore.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua yang sedang mengalami permasalahan dengan virus pada perangkat androidnya. Jangan lupa untuk membantu kami menyebarkan informasi ini ke teman-teman anda yang lainnya agar semakin banyak yang mengetahuinya. Anda bisa menggunakan salah satu ataupun beberapa tombol berbagi ke sosial media yang ada dibawah tulisan ini untuk membagikannya.

4 komentar