Cara Mudah & Ampuh Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di Android

Bagi para pengguna handphone atau tablet Android mungkin sudah pernah mengalami permasalahan ketika ingin membuka atau menjalankan aplikasi yang telah dipasang pada perangkatnya dimana aplikasi tersebut tidak merespon dan kemudian tampil pesan error "Sayangnya aplikasi telah berhenti". Biasanya akan tampil pilihan untuk report / laporkan dan oke atau juga plilihan force close / tutup paksa ketika muncul peringatan seperti diatas. Kejadian seperti itu tentu membuat pengguna Android menjadi tidak nyaman karena tidak bisa menjalankan aplikasi yang ingin digunakan seperti misal BBM, Facebook, Kamera, Line dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Permasalahan tersebut mungkin juga sudah cukup sering dialami oleh pengguna yang memang suka mencoba-coba berbagai macam aplikasi pada perangkat Androidnya. Berikut adalah beberapa contoh error "Sayangnya BBM telah berheti" ketika akan menjalankan aplikasi BBM dan beberapa aplikasi lainnya.
Sebelum kita lanjut pada bahasan mengenai cara mengatasi permasalahan yang menyebabkan pengguna tidak bisa menjalankan aplikasi pada perangkat Androidnya tersebut, ada baiknya diketahui terlebih dahulu hal-hal yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 7 Terbaru 2016

Penyebab Aplikasi Telah Berhenti / Force Close di Android

  • Kemungkinan yang pertama yang menyebabkan anda mengalami permasalahan "Force Close" yakni karena aplikasi yang anda pasang dan ingin anda jalankan tersebut masih dalam tahap beta / uji coba sehingga wajar jika masih belum sempurna untuk dijalankan karena masih dalam tahap penyempurnaan.
  • Dukungan CPU / Processor dan RAM pada perangkat anda tidak mampu untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang anda jalankan termasuk aplikasi yang ringan, bisa jadi terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara "background" dan banyak menghabiskan resource pada perangkat Android anda, sehingga menyebabkan anda tidak bisa menjalankan aplikasi lainnya.
  • Data aplikasi yang akan anda jalankan tersebut kurang lengkap karena ada yang terhapus atuapun karena ada pembaharuan atau update.
  • Aplikasi yang anda jalankan tidak sesuai atau masih belum didukung dengan versi Android yang anda gunakan.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus karena gangguan operator seluler ataupun karena kuota habis. Ini bisa dialami pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet ketika menjalankannya.
Tentu masih ada kemungkinan-kemungkinan lain lagi yang menyebabkan perangkat Android anda mengalami error "Aplikasi telah berhenti tersebut" dan daftar diatas baru sedikit kemungkinan saja.

Mengatasi Error Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti / Force Close di Android

Selanjutnya kita masuk pada informasi cara mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti / Force Close" dimana anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini.
  1. Cara yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan restart atau reboot perangkat Android anda. Caranya tentu sudah pada tahu bukan yakni dengan menekan tombol power beberapa saat sampai muncul plilihan menu untuk mematikan perangkat Android anda ataupun melakukan reboot. Atau bisa juga anda tekan lama tombol power sampai perangkat anda mati kemudian nyalakan kembali.
  2. Cara lainnya silakan anda coba untuk melakukan Force Stop, Clear Data dan Clear Cache secara manual pada aplikasi yang bermasalah tersebut juga dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Caranya dengan masuk ke menu setting / pengaturan kemudian pilih pada menu Manager Application.
    Silakan klik pada aplikasi yang sering mengalami kendala tersebut lalu silakan klik Force Stop kemudian lanjutkan dengan klik Clear Data dan lanjutkan lagi dengan Clear Cache.
  3. Lakukan pemasangan ulang aplikasi yang sering bermasalah tersebut dengan cara copot pemasangan / uninstall terlebih dahulu kemudian install kembali.
  4. Lakukan update atau pembaharuan pada aplikasi yang sering bermasalah tersebut jika memang telah tersedia.
  5. Download data aplikasi atau game yang bermasalah tersebut langsung dari aplikasi yang bersangkutan. Maksudnya adalah usahakan sobat tidak mengunduh file data yang diperlukan secara manual dan memasukkan data tersebut secara manual pula untuk file yang bersangkutan. Karena terkadang data yang diunduh secara manul tersebut tidak sesuai dengan aplikasinya, maka dari itu usahakan untuk mengunduh langsung secara online melalui perangkat android anda.
  6. Pastikan anda memiliki koneksi internet yang lancar jika permasalahan terjadi pada aplikasi atau game yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Pastikan paket data internet anda aktif atuapun kuota internet anda masih tersedia. Aplikasi "Network Speed" atau "Network Monitor Mini" yang tersedia di playstore bisa juga anda gunakan untuk membantu pengecekan koneksi internet anda bermasalah atau tidak.
  7. Upgrade versi OS Android pada perangkat anda jika memang telah tersedia versi terbaru yang kompatibel dengan perangkat anda. Dengan menggunakan versi terbaru atau yang lebih tinggi maka diharapakan perangkat anda juga mampu menjalankan berbagai aplikasi terbaru yang tersedia di playstore.

Demikian tadi informasi mengenai penyebab dan juga cara mengatasi permasalahan "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" pada perangkat Android yang semoga dapat membantu anda yang saat ini sedang mengalami kendala seperti itu. Jika anda memiliki cara atau pengalaman lainnya dalam mengatasi permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna Android tersebut anda juga bisa berbagi dengan kami melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini, agar dapat membantu teman-teman yang lainnya. Kami juga akan menambahkan informasi dari anda tersebut pada artikel diatas jika memang banyak yang berhasil menggunakan trik tersebut.

1 komentar: