Cara mendapatkan ID Outlet Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren

Mulai tanggal 15 Desember 2015 yang lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan dan memberlakukan kebijakan baru terkait cara daftar kartu perdana prabayar baru. Sebelumnya seperti kita ketahui bersama kartu perdana baru dapat dengan mudah kita beli melalui konter-konter penjual pulsa dan dapat kita aktifkan atau daftarkan sendiri dengan mudah. Namun sejak diberlakukannya peraturan baru dari Kominfo tersebut untuk melakukan registrasi kartu perdana prabayar baru tidak bisa lagi dilakukan oleh pembeli melainkan harus didaftarkan oleh outlet penjual kartu perdana tersebut pada saat transaksi karena proses pendaftaran kartu perdana harus menggunakan ID Outlet.

Pro dan kontra tentu saja ada terkait diberlakukannya peraturan baru tersebut. Ada yang mendukung karena hal tersebut salah satu tujuannya untuk mengurangi dan mencegah penyalahgunaan nomor seluler agar tidak digunakan untuk hal-hal yang merugikan atau kejahatan. Contoh yang cukup sering dialami oleh pengguna nomor seluler dari berbagai operator misalnya adalah "SMS mama minta pulsa" yang cukup populer di kalangan pengguna ponsel, kemudian contoh penyalahgunaan lainnya adalah sms penipuan yang mengatasnamakan bank ataupun perusahaan lainnya.
ID Outlet Indosat Telkomsel XL Smartfren Three
ID Outlet
Namun begitu penggunaan ID Outlet untuk registrasi kartu perdana baru secara tidak langsung dapat membuat outlet-oulet yang belum memiliki ID menjadi sulit untuk menjual kartu perdana karena tidak bisa membantu melakukan pendaftaran yang pada akhirnya tentu saja dapat berimbas pada omset penjualan. Akan tetapi hal tersebut tentu secara perlahan akan dapat teratasi karena outlet atau konter-konter penjual kartu perdana bisa mendapatkan ID Outlet dari berbagai operator.

Cara mendapatkan ID Oulet sendiri bisa dengan cara request melalui sales yang dari masing-masing operator seluler yang biasa melakukan kunjungan ke outlet ataupun dengan datang langsung ke pusat pelayanan masing-masing operator seperti ke Grapari untuk mendapatkan ID Outlet Telkomsel, Gerai Indosat untuk ID Outlet Indosat, XL Center untuk ID Outlet XL, Galeri Smartfren untuk ID Outlet Smartfren dan sebagainya. Untuk itu jika anda merupakan salah satu yang konter atau penjual kartu perdana yang belum memiliki ID Outlet dapat segera menghubungi sales dari masing-masing operator seluler untuk mendapatkan ID Outlet.

Alur / Cara Pendaftaran / Registrasi Kartu Perdana Prabayar Baru

Berikut adalah alur atau tata cara pendaftaran / registrasi kartu perdana yang baru sejak diberlakukannya kebijakan dari Kominfo pada tanggal 15 Desember 2015 yang lalu.
  • Saat ingin melakukan pembelian kartu SIM perdana, calon pembeli wajib membawa identitas resmi yang masih berlaku, bisa berupa KTP/Paspor/SIM/Kartu Pelajar, dan sebagainya.
  • Registrasi atau pendaftaran kartu perdana kemudian dilakukan oleh outlet atau penjual kartu SIM yang telah memiliki identitas resmi dari operator sebagai penjual.
  • Pembeli wajib menunjukkan tanda pengenal asli, kemudian penjual akan mendata nomor identitas, nama lengkap, tempat tanggal lahir, serta alamat sesuai identitas.
  • Kartu SIM perdana prabayar akan diaktifkan penjual dan nomor bisa mulai digunakan

Demikian sedikit informasi mengenai cara mendapatkan ID Outlet dari berbagai operator seluler serta cara melakukan pendaftaran / registrasi kartu perdana prabayar yang baru. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pengunjung semua dan jika ada informasi diatas yang kurang tepat sudi kiranya anda memberikan koreksi melalui kolom komentar yang tersedia dibawah agar dapat segera kami perbaiki.

0 komentar